Sabtu, 13 Agustus 2016

Balong Cigugur Kuningan

Balong Cigugur Kuningan atau orang-orang setempat umum menyebutnya dengan Balong Keramat Cigugur adalah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Tempat wisata yang saat ini dikelola oleh PDAU Kabupaten Kuningan itu di kenal sebagai habitat ikan langka yang dimaksud Kancra Bodas/IkanDewa (Labaebarbus Dournensis) yang mana ikan ini tidak sering didapati di daerah lain.



Orang-orang Kabupaten Kuningan mempunyai mitos ikan dewa yang ada di Balong Keramat di Cigugur, Darmaloka, Desa Ragawacana Kec Kramatmulya, Desa Sidamulya serta Manis Kidul Kec Jalaksana dan di Kec Pasawahan. Oleh orang-orang sekitaran ikan ini tak pernah diganggu terlebih dipancing untuk dikonsumsi.

Terkecuali ikan dewa di kolam ini dapat ada ikan Nilem Mangut (Osteochilus hasseltii).
Ikan Mangut ini memiliki banyak keunggulan di banding ikan therapy yang lain, ikan ini dapat meraih ukuran tengah sekitaran 10 inc, namun untuk therapy tempat wisata di Indonesia ini dapat dari mulai ukuran 2 inc, mulutnya tak bergigi tetapi mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak, berumbai yang berbentuk otot elastis serta bermanfaat untuk mengisap benda/makanan atau kulit mati, Ikan ini berbentuk herbivora yakni pemakan dedaunan, tak galak serta dapat bersahabat dengan manusia.

Untuk masuk ke tempat wisata ikan dewa ini cuma beli ticket masuk seharga Rp. 7000. Di tempat wisata ini kita bakal dimanjakan dengan ikan dewa serta therapy ikan nilen seperti di spa-spa moderen, hawa sejuk dari pegununggan serta keindahan panorama Balong Cigugur Kuningan nya. bila Anda memasukan kaki kedalam kolam. Anda bakal rasakan dinginnya air kolam, atau bila kuat dengan sensasi gelinya, badan Anda segerombolan ikan-ikan nilem kecil sontak tanpa ada dikomando bakal segera mengerumuni kaki Anda serta menggigitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.